1. Manfaat Uap Bagi Bayi

  • Meredakan batuk
Uap batuk bayi sangat bermanfaat untuk meringankan gatal pada tenggorokan si kecil. Biasanya bayi akan merasakan sakit di bagian dada ketika batuk terus menerus. Nah, dengan menggunakan uap saluran pernafasan si kecil akan terbuka kembali. 
  • Mengeluarkan dahak
Bayi tidak memiliki kemampuan untuk mengeluarkan dahak seperti orang dewasa. Maka dengan menggunakan uap maka dahak bayi bisa keluar dengan sendirinya ketika ia batuk.
  • Mengatasi radang
Bagi bayi yang terkena radang tentunya ini akan menyiksa bagi si kecil karena rasa sakit dan panas pada tenggorokannya. Nah, melakukan uap adalah salah satu cara alami untuk meringankan radang pada bayi.
 
source: http://asibayi.com



 

2. Efek Samping atau Minusnya

  • Rentan Bakteri
Alat uap (nebulizer) ini sangat rentan dengan penularan bakteri, karena alat uap ini digunakan pada bagian mulut. Sebaiknya moms lebih menjaga kebersihan nebulizer dan tidak dipakai bersamaan dengan orang dewasa atau baita lain.
  • Mulut Bayi Akan Kering
Penggunaan alat uap batuk bayi yang terlalu sering akan membuat mulut bayi menjadi kering dan menylitkan dia untuk makan. Selain itu uap panas yang ditimbulkan bisa membuat suara si kecil menjadi serak. 
  • Iritasi Pada Saluran Pernapasan
Penggunaan alat uap memang tidak boleh digunakan terlalu sering karena akan menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Oleh sebab itu moms wajib membilas mulut bayi dengan air matang setelah menggunakan nebulizer atau alat uap batuk bayi. 
source: http://shutterstock.com