Bulan Pertama

source: http://www.webmd.com

Perkembangan janin dimulai ketika sperma membuahi sel telur. Telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim. Seiring perkembangan telur, paru-paru, jantung dan sumsum tulang belakang pun berkembang. Menjelang akhir bulan pertama kehamilan, jantung bayi mulai berdetak. Panjang janin di tahap ini kira-kira 1/8 inci dan beratnya  0,03 ons. Hmm, mungil banget yah!

 

<baca juga>

Bulan Kedua

source: http://www.webmd.com

Bentuk embrio mulai terlihat. Lalu di akhir bulan kedua, organ dalam mulai berkembang, diikuti mata, telinga, kucup jari, dan kaki juga mulai terbentuk.  Pada tahap ini, janin sudah memiliki fingerprints sendiri. Panjang janin juga mulai bertambah yakni 1 inci atau 2,5 cm dan beratnya 0,1 ons.

 

Bulan Ketiga

source: http://www.webmd.com

Wajah, jari tangan dan jari kaki sudah terbentuk sempurna, dan janin sudah terlihat sebagai manusia. Organ reproduksi juga sudah terbentuk, tapi jenis kelamin bayi belum bisa terlihat di bulan ketiga ini. Ukuran tubuhnya makin bertambah, dengan panjang sekitar 3,5 inci dan beratnya 1,7 ons.

 

<baca juga>

Bulan Keempat

source: http://www.webmd.com

Di bulan keempat, perut ibu semakin membesar dan terlihat. Indra pendengaran calon bayi juga kian berkembang sehingga ia sudah bisa mendengar. Demikian pula paru-paru, alin dan rambut mulai terbentuk. Pada tahap ini, detak jantung bayi bisa terdengar. Ukuran bayi sendiri sekitar 5,5 inci dan beratnya 6 ons.



 

Bulan Kelima

source: http://www.webmd.com

Di bulan kelima, indra perasa bayi mulai aktif. Kulitnya sudah merasakan sesuatu dan bisa merespon suara dan cahaya. Ginjal juga sudah berfungsi mengeluarkan urin. Pada tahap ini, sistem kekebalan tubuh berkembang dan membantu melindungi bayi dari penyakit dan infeksi. Ukuran bayi sekitar 7,5 inci dan beratnya sekitar 0,45 kg.

 

Bulan Keenam

source: http://www.webmd.com

Di bulan keenam bagian retina mata terus berkembang, dan kelopak mata mulai terbuka dan tertutup. Bayi juga sadar akan suara. Pada saat ini, ibu mungkin merasakan perut seperti ditendang-tendag, karena bayi sudah mulai bergerak-gerak. Panjang bayi sudah mencapai sekitar 10 inci dan beratnya 1 kg.

 

Bulan Ketujuh

source: http://www.webmd.com

Perkembangan janin pada bulan ketujuh sangat luar biasa. Calon bayi sudah dapat melihat dan mendengar, juga sadar akan suara ibu dan ayahnya. Paru-paru dan organ reproduksi terus berkembang, tulang dan otot menjadi lebih kuat. Bulu mata juga tumbuh. Ukuran bayi sekitar 11 inci dan beratnya adalah 1,5 kg. 

 

Bulan Kedelapan

source: http://www.webmd.boots.com

Pada bulan kedelapan, pertumbuhan otak bayi terus terjadi dan tubuh bayi hampir terbentuk sempurna. Paru-paru juga masih terus berkembang. Ukuran bayi sekitar 18 inci dan beratnya 2,5 kg.

 

Bulan Kesembilan

source: https://www.babycenter.com

Pada bulan kesembilan, bayi sudah siap dilahirkan. Posisi kepala juga sudah mulai menuju ke jalan lahir. Paru-paru sudah berkembang dengan sempurna. Untuk panjang bayi sekitar 21 inci dan beratnya antara 3 hingga 4 kg.