Sesuai Resep Dokter

Hindari membeli kacamata tanpa pemeriksaan dari dokter mata. Mata adalah salah satu organ terpenting agar anak dapat berkativitas dengan bebas. Oleh sebab itu kacamata harus dibeli sesuai ukuran dan rekomendasi dari dokter. Kacamata anak bukan hanya sekedar plus dan minus, tetapi dokter dapat mendiagnosa kelainan pada mata anak, sehingga dapat dicegah sejak dini dengan kacamata yang tepat.

source: http://kabar-rumah-sakit.com

Kacamata Kekinian

Saat pertama kali anak menggunakan kacamata, tentu ia tak terbiasa. Ada rasa ragu, bingung, malu atau bahkan malas mengenakannya. Hal ini akan mengganggu aktivitas dan proses belajar mengajarnya dan ia akan tertinggal dari teman-temannya. Sebab itu sebaiknya pilihlah kacamata anak yang kekinian, yang sesuai dengan karakter dan kesukaan anak-anak. Saat ini, banyak dijual di optik atau toko kacamata khusus anak dengan gagang yang menarik. Misalnya tokoh kartun yang lucu atau tempelan unik pada bingkai yang bisa dilepas dan dipasang sesuai selera anak. Tentu anak akan bangga mengenakan kacamatanya.

source: https://id.aliexpress.com
<baca juga>

Ukuran yang Pas

Sifat anak yang aktif dan sering bergerak bebas, tak menyurutkan anak memiliki kacamata yang pas. Kacamata yang sering melorot dari hidung tentu tidak nyaman digunakan oleh anak-anak. Anak akan sering menaikkan kacamatanya, dan ini menimbulkan resiko kacamata akan jatuh jika anak lupa membetulkan letak kacamatanya. Kacamata untuk anak khusus dirancang dengan "bantalan" hidung yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan si anak. Bantalan ini berguna seiring dengan pertumbuhan anak, karena kacamata biasanya tidak digunakan dalam waktu yang singkat. Oleh sebab itu, kunjungilah dan mintalah rekomendasi pada optik terpercaya agar anak tetap nyaman bergerak.

source: http://www.alodokter.com

Frame dengan Bingkai yang Ringan

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak biasanya lebih ceroboh meletakkan kacamatanya. Oleh sebab itu resiko rusak dan patah tentu akan lebih besar. Pilihlan frame dengan bingkai plastik. Kacamata berbahan plastik ini cenderung ringan dan mengurangi resiko patah. Selain itu dari segi harga, bingkai plastik lebih murah dibanding dengan bahan yang lain. Pilihlah pegangan yang yang lentur dengan sedikit pegas. Bahan seperti ini tidak mudah patah, mengingat anak mudah bergerak.

source: http://webcool.biz
<baca juga>

Lensa yang Tepat

Lensa tahan bentur atai UV protect merupakan pilihan yang tepat untuk anak-anak agar mata mereka selalu terjaga sejak dini. Lensa yang terbuat dari bahan trivex dan polycarbonate merupakan lensa yang tahan benturan sekaligus melindungi mata dari sinar UV. Jadi double manfaat kan. Kamupun tak perlu khawatir anak-anak akan silau jika bermain di luar rumah ya, ladies.

source: https://womantalk.com