Mendekati waktu-waktu persalinan, banyak sekali moms yang merasa stres membayangkan proses melahirkan. Bahkan tak sedikit dari moms yang takut jika otot dan kulit vaginanya harus digunting saat melahirkan normal.

Lalu, apa alasan otot dan kulit vagina harus digunting selama persalinan?

Proses menggunting otot dan kulit vagina saat persalinan normal disebut episiotomi. Tujuannya adalah untuk membuka lebar jalan lahir bayi agar dapat keluar dengan cepat. Nah, saat melakukan ini dokter umumnya akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan rasa nyeri.

Akan tetapi, ada beberapa kasus biasanya dalam keadaan darurat, episotomi dilakukan tanpa anestesi lokal. Namun, hal tersebut dilakukan biasanya karena moms mengalami kondisi tertentu, seperti:
 

source: http://www.kapitalevragen.be
<baca juga>




1. Gawat Janin

Gawat janin atau foetal distress adalah kondisi dimana bayi tidak mendapatkan oksigen yang cukup saat proses persalinan. Kondisi tersebut dapat membuat detak jantung bayi turun secara drastis.

Karena itu, bayi harus segera dikeluarkan agar terhindar dari risiko bayi meninggal atau cacat. Oleh karena itu, pengguntingan otot dan kulit vagina pun harus dilakukan meski tanpa anestesi lokal.
 

source: http://www.solusisehatku.com/




2. Otot Kaku

Saat proses persalinan normal, moms biasanya akan mengalami luka diarea perineum (area tubuh antara anus dan vulva yang sering sobek saat melahirkan) atau labia (lipatan disisi kanan dan kiri vagina). Nah, jika otot pada bagian tersebut sangat kaku, maka dokter perlu menggunting otot dan kulit vagina agar bayi dapat cepat keluar.
 

source: https://lifestyle.sindonews.com
<baca juga>




3. Bayi Sungsang

Tak sedikit moms yang mengalami kondisi dimana sang buah hati berada diposisi sungsang saat proses persalinan. Nah, kondisi tersebut tentu saja membutuhkan dilakukannya prosedur episiotomi agar proses persalinan berjalan dengan lancar.
 

source: https://id.theasianparent.com




4. Moms Kelelahan

Alasan proses episiotomi perlu dilakukan saat melahirkan selanjutnya adalah saat moms sudah mengalami kelelahan akibat terlalu lama mengejan terlebih jika bayi ternyata susah keluar.
 

source: http://rona.metrotvnews.com